H-7 USBN dan H-28 UNBK

Yap seperti judul di atas, jadi hari ini tepat seminggu menuju USBN. USBN yaa bisa saya bilang rese sih, di saat UN udah mengharuskan memilih mapel pilihan tapi itu nggak ada artinya karena di USBN tetap harus belajar semuanya tapii (lagi) mengingat bahwa nilai USBN doesn’t affect anything except ijazah. (cmiiw 😂) Lha iya, penerimaan PTS udah pada buka, penerimaan PTN lewat SNMPTN udah tinggal nunggu hasil, SBMPTN lewat jalur tes 8 Mei. Banyakan ngelesnya tuh “ijazah itu dipake buat kerja lho..”, iya sih, tapi gak jadi pertimbangan utama juga, menurut saya pribadi perusahaan-perusahaan lebih melihat aktivitas semasa kuliahmu, nilai IPK kuliah dan perguruan tinggi yang kamu pilih karena itu benar-benar faktual dan baru data-nya (4 tahun terakhir..). Pun jarang sekali nilai SMA dijadikan pembanding karena tiap-tiap SMA pasti mempunyai standar pemberian nilai yang berbeda.

Ya itulah opini pribadi saya tentang nilai USBN dan UN sendiri. Tapi tetep belajar lho, kan bisa jadi kebangga tersendiri tuh kalau UN bisa dapet nilai/peringkat yang memuaskan (meskipun jarang dilirik juga sih.. karena saat kelulusan SMA, orang lebih peduli univ mana kamu lanjut daripada progress 3 tahun mu di sekolah). So, dibuat pencapaian pribadi aja sih, saya sendiri ga memasang target yang saya kejar benar untuk UN ini. Untuk nilai 10 sendiri saya bingung mau dapat darimana, maybe Kimia (tapi hapalannya itu lhooo saya malas)? Dulu saya pas UN SMP malah dapat nilai 10 dari Bahasa Indonesia coba 😅, aneh banget.

Kembali ke topik awal, minggu depan USBN dan saya belum siap menghadapi pelajaran-pelajaran yang memang saya gak suka. Apalagi gurunya sekarang udah ga boleh kasih kisi-kisi, kan makin bingung, ya kali mau ditelen abis materi 3 tahun gitu. Saya juga ngelihat temen-temen saya makin hari makin selow aja, makin menanti 12 April saat di mana UN kelar 😂. Jadi saya ikut selow juga deh.. Ada sih yang ambis USBN dan UN, karena mungkin mereka punya target yang besar. Ya noprob sih, saya mah berharap yang penting di atas KKM (8,0) aja untuk USBN dan di atas 8,5 untuk UN.

one month to go..

betull banget, satu bulan lagi. Saya akan berpisah dengan gedung sekolah ini dan adek-adek kelas saya. Bukan sedih, saya bahagia. Iya lah, bosen idup di asrama yang orangnya itu-itu aja. Rasanya asik gitu terjun ke dunia baru yang unexpectable dan ke tempat di mana orang-orang baru mengenal saya. Di mana saya bisa menelaah sendiri saya mau jadi pribadi seperti apa, bukan karena sterotip dari orang-orang.

One thought on “H-7 USBN dan H-28 UNBK

  1. Dinda Napitupulu says:

    Ehhh gak kerasa udah mau pergi ke singapura aja sekarang …. Wkwkwkw Dah setahun berlalu eiiii 😂😂

Leave a Reply